Prestasi Terbaik Sepakbola Nasional Indonesia Tingkat Internasional

Hanya 3 Pemain Timnas Indonesia yang Punya Prestasi di Level Asia

Sebagai pecinta sepakbola Indonesia, tentu kamu akan sangat senang apabila tim nasional Indonesia bisa mendapatkan prestasi pada tingkat internasional.

Timnas Indonesia ternyata juga memiliki beberapa prestasi yang bisa membuat kamu bangga. Apa saja prestasi yang berhasil diraih oleh timnas sepakbola nasional Indonesia?

Berikut ini ialah beberapa daftar prestasi timnas Indonesia pada bidang sepakbola nasional indonesia yang perlu kamu ketahui.

  1. Piala Dunia 1938

Turnamen piala dunia merupakan salah satu turnamen bergengsi di dunia. Bahkan, untuk bisa berkompetisi pada piala dunia tidaklah mudah.

Ternyata, Indonesia pernah mengikuti kejuaraan bergengsi tersebut tepatnya pada piala dunia tahun 1938. Kala itu, Indonesia masih membawa nama Hindia Belanda atau Dutch East Indies.

Indonesia adalah negara Asia pertama yang berhasil bertanding di Piala Dunia dan mewakili grup 12.

  1. Medali Perunggu Asian Games 1958

Dalam multievent olahraga benua Asia yakni Asian Games, ternyata Indonesia bisa mendapatkan medali perunggu pada tahun 1958.

Pada fase grup, Indonesia berhasil mendapatkan dua kemenangan. Pada babak semifinal, Indonesia harus mengakui keunggulan Taiwan dan kalah 0-1.

Di perebutan medali perunggu, Indonesia tampil habis habisan melawan India. Hasilnya, Indonesia bisa mengalahkan India dengan skor 4-1 dan memastikan medali perunggu.

  1. Juara Turnamen Merdeka

Prestasi selanjutnya ialah memenangkan pertandingan yang diselenggarakan oleh Malaysia yakni Turnamen Merdeka. Pada tahun 1961, Indonesia berhasil meraih kemenangan.

Pada saat final, Indonesia harus melawan tuan rumah dan pastinya tekanan dari penonton tuan rumah sangat luar biasa.

Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat dan daya juang Timnas Indonesia. Mereka tampil dengan baik dan berhasil meraih trofi kemenangan untuk Indonesia.

Ternyata, kemenangan pada turnamen ini masih berlanjut pada beberapa kali di tahun berikutnya.

Indonesia memenangkan trofi pada tahun 1962 ketika di final bertanding melawan Pakistan dengan skor akhir 2-1.

Kemudian pada tahun 1969, Indonesia kembali melawan Malaysia di partai final dan kembali berhasil meraih trofi.

  1. Piala Raja 1968

Timnas Indonesia pada era 50 an memang cukup aktif untuk mengikuti berbagai turnamen sepakbola internasional. Hal ini bukan tanpa alasan, penyelenggara mengundang Indonesia karena performa timnas yang cukup baik kala itu.

Pada Piala Raja 1968, Indonesia berhasil menampilkan yang terbaik bahkan sejak fase penyisihan grup.

Bahkan ketika melawan Singapura dan Malaysia, Indonesia berhasil mencetak gol dalam jumlah yang banyak.

Pada partai puncak, Indonesia melawan Myanmar dan berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 1-0.

  1. Sea Games 1987

Indonesia cukup aktif mengikuti pertandingan Sea Games, namun raihan tertinggi hanya medali perak. Akhirnya, pada tahun 1987 Indonesia bisa meraih medali emas ketika Indonesia menjadi tuan rumah.

Kemenangan Indonesia cukup dramatis dimana skor kemenangan baru berhasil dicetak pada menit ke 91. Akhirnya, seluruh penonton di Gelora Bung Karno bersuka cita meraih kemenangan pertama di Sea Games pada cabang sepakbola.

  1. Piala AFF U-19 2013

Kemenangan timnas Indonesia yang membuat haru masyarakat Indonesia berlangsung pada piala AFF U- 19 tahun 2013. Bagaimana tidak, anak didik Indra Sjafri ini harus melalui drama adu penalti yang menegangkan ketika melawan Vietnam.

Akhirnya, perjuangan timnas berbuah manis dengan keluar menjadi juara. Berkat hasil ini, beberapa pemain juga mendapatkan atensi dari klub dalam dan luar negeri.

Apakah kamu sudah mengetahui berbagai prestasi dari timnas Indonesia di bidang sepakbola? Semoga sepakbola nasional Indonesia bisa mengulang sejarah dan mendapatkan gelar di tingkat internasional kembali.

Leave a Comment