Malaikat Mikail Dan Tugasnya Dalam Islam

source gambar : ikmalonline.com

Agama Islam merupakan agama terbesar di Indonesia. Mayoritas warga negara Indonesia memeluk agama Islam. Dalam Islam, umat Muslim diwajibkan yakin dan percaya terhadap rukun Iman dan Rukun Islam. Salah-satu poin rukun Iman adalah percaya bahwa sosok Malaikat benar adanya.

Malaikat adalah sosok yang diciptakan dari cahaya. Malaikat memiliki tugas yang mulia dan tidak akn pernah ingkar dari tugasnya. Malaikat adalah sosok yang sangat patuh. Seluruh malaikat ciptaan Allah wajib beribadah kepada sang maha pencipta. Tugas dari setiap malaikat berbeda-beda.

Terdapat ribuan malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT. Namun, dalam Islam terdapat sepuluh malaikat yang wajib diketahui. Tulisan ini akan membahas salah-satu malaikat dari kesepuluh malaikat yang wajib diketahui. Malaikat yang dimaksud adalah Malaikat Mikali. Berikut tentang Malaikat Mikail dan tugas malaikat Mikail dalam Islam.

Sosok Malaikat Mikail

Malaikat adalah sosok Malaikat yang dideskripkan tidak pernah tersenyum. Dalam sebuah kisah diriwayatkan ketika Rasulullah ke atas langit saat Isra’ dan Miraj, ia melihat sosok malaikat yang memiliki wajah datar dan bertanya kepada Jibril siapa malikat tersebut. Jibril pun menjawab ia adalah malaikat Mikail. Jibril menambahkan Malaikat Mikail tak pernah lagi tersenyum emenjak neraka diciptakan dan diperlihatkan kepada Malaikat Mikail.

Malaikat Mikail dalam menjalankan ditemani pasukan yang akan membantunya dalm mengatur alam seperti mengatur angin, hujan, matahari, bintang dan bulan sebagai proses dari perputaran antara siang dan malam.

Tugas Malaikat Mikail

Tugas malaikat Mikail dari Allah SWT adalah untuk mengatur rezeki makhluk hidup tidak hanya manusia, tetapi untuk hewan dan tumbuhan. Selain bertugas mengatur rezeki, malaikat Mikail adalah malaikat yang memiliki tugas untuk mengatur air, menurunkan hujan dan petir ke muka bumi.

Selain mengatur rezeki makhluk hidup dan bertugas untuk menurunkan hujan adapula tugas lain dari malaikat Mikail yakni malaikat Mikail memiliki tugas untuk mendampingi malaikat Jibril menunaikan tugas dari Allah SWT.

Tugas malaikat Mikail saat itu adalah mengambilkan air zam-zam untuk mencuci hati Nabi Muhammad SAW. Ini terjadi pada saat malaikat Jibril mendapatkan tugas untuk membelah dada Nabi Muhammad SAW guna untuk mencuci hati sang nabi terakhir tersebut. Pun saat nabi Muhammad melakukan Isra’ dan Mi’raj, malaikat Jibril serta malaikat Mikail bertugas mendampingi perjalanan bersejarah tersebut.

Tugas malaikat Mikail lainnya adalah menjalankan tugas bersama malaikat Israfil. Malaikat diberi tugas untuk menyampaiakan sebuah lembaran yang berisikan nama, tempat dan sebab nyawa seseorang akan dicabut.

Malikat adalah makhluk suci yang diciptakan oleh Allah dengan kepatuhan dan ketaatan yang tidak pernah ingkar sejak diberikan tugas pertama. Tugas malaikat Mikail yang tidak pernah tersenyum ini adalah mengatur rezeki dan memiliki tugas bersama malaikat lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dengan mengetahui lebih banyak mengenai malaikat satu ini.

Leave a Comment