5 Macam Pepaya Yang Paling Populer Beserta Karakteristiknya

source gambar : tanihub.com

Pepaya merupakan jenis buah populer yang sering diminati banyak orang di Indonesia. Tekstur buah pepaya ini lembut, dan juga memiliki rasa manis. Pepaya juga merupakan buah yang cukup mudah dibudidayakan.

Dengan begitu, kalian pun bisa menemukan pepaya dengan harga terjangkau. Pepaya memiliki keunggulan dari segi rasa manis dan juga menyegarkan. Buah pepaya ini sendiri ternyata terdiri dari beragam jenis.

Masing masing buah pepaya memiliki keunggulan walau kalau dilihat sekilas, tidak ada bedanya antar tiap jenis pohon pepaya karena memiliki bentuk mirip-mirip. Tetapi buah pepaya yang akan dihasilkan tentu akan memiliki perbedaan.

Bukan hanya bentuk fisik, rasa dengan tekstur setiap jenis buah pepaya bisa berbeda. Kalau kalian penasaran dengan berbagai jenis buah pepaya, maka simak ulasan berikut ini.

  • Pepaya California

Mungkin pepaya california ini merupakan jenis pepaya yang paling dikenal sekarang ini. Pepaya yang satu ini memiliki nama lain yaitu Calina, bentuk permukaan kulit pepaya california sangat mulus serta berwarna hijau.

Daging pepaya california memiliki warna jingga kemerahan dan tentunya rasanya manis. Daging buah pepaya california cukup tebal juga meski ukurannya tak terlalu besar. Sekarang ini, kita sudah bisa mudah menemukan pepaya california di pasaran.

  • Red Lady

Selanjutnya ada red lady, kalau dibandingkan pepaya lainnya, maka rasa red lady lebih manis. Warna dagingnya lebih merah juga dan jenis red lady satu ini memiliki keunikan juga.

Pepaya tersebut bisa sekali panen menghasilkan 30 buah kurang lebih. Ada ciri fisik jenis pepaya ini yaitu mempunyai kulit buah sangat halus dengan tampilan mengkilap.

  • Pepaya Hawai

Jenis pepaya hawai memiliki ukuran kecil yaitu kurang dari 1 kilogram. Maka tidak heran kalau pepaya yang satu ini disebut dengan pepaya yang bisa dimakan satu orang. Ciri pepaya hawai adalah fisik yang agak bulat.

Sementara kulit buahnya memiliki iwarna kuning cerah. Di samping itu, jenis pepaya hawai ini mempunyai rasa sangat manis. Pepaya hawai sering dibudidayakan karena merupakan jenis pohon pepaya yang bisa cepat tumbuh.

Pepaya ini bahkan sudah dapat dipanen sekitar 9 bulan dari sejak bibitnya ditanam sehingga cukup cepat.

  • Pepaya Bangkok

Selanjutnya ada pepaya bangkok ialah varietas pepaya dari Bangkok. Jenis pepaya ini masuk Indonesia saat 1970-an. Ada pun ciri pepaya Bangkok adalah memiliki bentuk lonjong dengan daging buah berwarna kemerahan.

Untuk rasanya, maka pepaya Bangkok sudah tak perlu kalian ragukan lagi. Rasanya begitu manis serta menyegarkan. Beda dengan jenis pepaya hawai, untuk jenis pepaya satu ini memiliki bobot sampai 3 kilogram setiap buahnya.

  • Pepaya Carisya

Selanjutnya ada pepaya carisya yang bisa mudah dijumpai di Indonesia. Ciri pepaya carisya adalah bentuk buahnya yang mini dengan kulit buah berwarna kehijauan. Sementara warna daging pepaya carisya kemerahan, dengan berongga kecil, serta bertekstur tebal.

Jenis pepaya yang satu ini sangat mudah juga tumbuh di berbagai kondisi geografis. Buah pepaya carisya memiliki rasa manis dan tergolong produktif juga. Pohon pepaya carisya bisa berbuah sekali setiap empat bulan.

Kalau kalian ingin mendapatkan pepaya atau pun buah lainnya dengan harga yang lebih murah, maka bisa coba memsan lewat TaniHub. Banyak promo-promo menarik dari TaniHub yang membuat anda bisa hemat setiap minggunya. Koleksi buah dan sayur di TaniHub juga sangat lengkap sehingga bisa memenuhi setiap kebutuhan dapur anda.

Leave a Comment