8 Resep Masakan Khas Indonesia Yang Bikin Nagih

Pada kali ini kita akan membahas resep ayam goreng lengkuas, tumis terong pedas, sambal tomat, Daging Sapi Gurih, Telur Pedas, Ayam Suwir Pedas Kemangi, Terong Raos, Tahu Mercon Jontor.

Berikut kita bahas 8 resep masakan khas Indonesia yang pedas bikin nagih.

1. Tumis Terong Pedas

Belah dua 500 gram terong hijau, lalu potong menjadi bentuk kotak-kotak. Goreng dengan minyak panas dan aduk terus hingga matang. Siapkan empat siung bawang merah, tiga siumg bawang putih, sepuluh cabai merah keriting, lima cabai rawit, dan tomat yang dipotong besar.

Masukkan semua bumbu ke dalam blender untuk dihaluskan bersama sedikit air. Tumis sampai mengering, kemudian masukkan potongan terong. Tambahkan kecap manis, lalu aduk sebentar saja, asalkan bumbu dan bahan sudah tercampur merata.

2. Sambal Tomat

Cincang enam siung bawang putih dan potong empat buah tomat. Iris tipis enam siung bawang merah sembari memanaskan teflon yang telah diberi 100 ml minyak. Goreng bawang putih sampai warnanya berubah menjadi kekuningan.

Goreng potongan tomat dan 80 gram cabai merah keriting hingga layu. Haluskan cabai rawit, cukup sebentar saja supaya tekstur aslinya masih tertinggal. Tumis irisan bawang merah dan sambal, lalu bumbui dengan penyedap rasa.

Masak selama 30 menit hingga matang. Sambal tomat bisa tahan selama seminggu, apabila dimasukkan dalam kulkas dan wadah tertutup. Dengan membuat sambal berikut, resep masakan khas Indonesia lainnya dapat dibuat dengan mudah dan praktis.

3. Daging Sapi Gurih

Masak 500 gram daging sapi dengan api kecil. Tidak perlu menambahkan air karena nantinya daging itu sendiri yang memberikan tekstur basah. Tunggu selama 30-60 menit untuk membuat air surut.

Haluskan empat siung bawang putih dan bawang merah, beserta potongan jahe, kunyit, dan cabai rawit secukupnya. Tumis bumbu halus sampai matang, lalu masukkan dua batang sereh dan empat lembar daun salam.

Aduk dengan sobekan daun jeruk dan jahe untuk mengurangi rasa amis. Masukkan 500 ml santan, beserta potongan daging yang sudah empuk. Tambahkan gula dan kaldu sapi bubuk dengan takaran satu sendok teh. Tunggu sampai santan mengental, lalu masukkan cabai merah keriting yang telah dihaluskan.

4. Telur Pedas

Panaskan wajan dan beri sedikit minyak. Goreng lima butir telur dengan bentuk mata sapi. Haluskan bumbu dengan 100 gram cabai merah keriting, bersama tiga butir kemiri dan satu buah tomat.

Panaskan penggorengan dan tumis bumbu, kemudian tambahkan 300 ml air. Tambahkan setengah sendok teh garam dan bumbu penyedap. Masukkan telur, masak sampai akhirnya masakan dapat meresapi bumbu.

5. Ayam Suwir Pedas Kemangi

Untuk menghilangkan rasa amis, ayam didiamkan selama 30 menit dengan perasan jeruk nipis. Setelah itu, goreng dan suwir-suwir ketika sudah dingin. Haluskan bumbu dengan tambahan kunyit dan 10 cabai merah keriting, beserta lima buah cabai rawit.

Tumis dengan tiga lembar daun jeruk yang sudah disobek-sobek. Tambahkan ayam dan air supaya bumbu dapat meresap. Supaya tidak hambar, bumbui dengan kaldu jamur bubuk dan lada bubuk. Setelah matang, masukkan daun kemangi.

6. Terong Raos

Blender halus 5 siung bawang putih dan tiga siung bawang merah, beserta cabai rawit dan cabai keriting. Aduk rata 75 ml air, setengah sendok teh kaldu bubuk, satu sendok makan cuka, dan tiga sendok makan kecap manis.

Tuang bumbu halus ke dalam wajan panas. Tambahkan sereh yang telah dibelah dan dua buah terasi secukupnya. Buat sedikit adonan dengan dua sendok makan tepung terigu, kaldu bubuk, tambahkan air secara bertahap supaya kekentalan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan.

Potong serong terong dan goreng dengan lapisan tepung. Panaskan kembali saus yang telah dibuat dan campur dengan terong goreng.

7. Tahu Mercon Jontor

Seperti biasa, buat bumbu halus terlebih dahulu dengan beberapa buah cabai yang disesuaikan dengan keinginan. Haluskan sepuluh potong tahu berukuran kecil dengan garpu. Campur dengan lima sendok makan tepung terigu dan bumbu penyedap.

Aduk rata dengan telur. Oleskan margarin pada permukaan cetakan hingga merata. Masukkan adonan tahu ke dalam cetakan, ratakan dan sedikit tekan agar semua rongga dapat terisi. Kukus selama 30 menit, kemudian dinginkan. Resep masakan khas Indonesia ala rumahan berikut siap untuk disajikan.

Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai permukaan tahu berubah menjadi crispy.

8. Ayam Goreng Lengkuas

Pertama, potong cuci semua bagian ayam hingga bersih kemudian cuci semua bahan yang digunakan. Setelah itu haluskan bahan bumbu kemduain blender.

Jika sudah halus, masukan kedalam wadah lalu tambahkan sereh yang sudah di geprek, daun salam juga daun jeruk. Pada wadah terpisah juga parut lengkuas hingga semuanya halus.

Campur semua, lalu masak ayam hingga air menyusut. Setelah ayam matang, rebus bersama ayam lengkuas dan bumbu lainnya. Agar lebih mantap.

Itu dia resep masakan khas Indonesia dengan tema pedas. Secara prosedur, beberapa makanan memang memiliki sedikit kesamaan. Jumlah cabai yang diikutkan pada masakan tetap disesuaikan dengan keinginan.

Leave a Comment